Friday, April 15, 2011

Kasus Curanmor dan Tips Untuk Mengantisipasinya


Sekitar seminggu yang lalu (dari aku bikin postingan ini) temenku yg biasa gantian jaga net kena musibah. Motor Yamaha Jupiter MXnya raib digondol maling saat di parkir di luar net. Kejadiannya sekitar pukul 3 - setengah 5 dini hari. Hal itu coz terakhir temenku pergi ke luar pada pukul 3 and motor diketahui ilang pada pukul 5 pagi. Letak warnet yang ada di lantai 2 emang ngasih keuntungan tersendiri buat si maling karena pengawasan keadaan di luar menjadi berkurang. Padahal selain keadaan yang ramai coz waktu itu lumayan banyak yg main ngambil paket begadang, motor temenku juga memakai kunci leher bahkan gembok pada rem cakramnya. Namun ternyata hal itu gak bikin si maling kehilangan akal. Entah gimana cara dia/mereka membawa motor itu namun kemungkinan mereka mengangkatnya dan membawanya dengan semacam mobil bak terbuka. Namun yang paling mengagetkan adalah hari ini (Jumat, 15/04/11), di tempat yang sama kejadian yang sama terulang lagi. Sebuah sepeda motor Satria FU milik seorang client kembali raib. Namun bedanya kali ini kejadiannya terjadi di siang bolong! Di saat orang2 lagi pergi menunaikan ibadah shalat Jum'at dan kejadian itu diketahui sepulang dari Jum'atan. Emang nekad tuh maling coz berani beraksi di tempat terbuka, di siang bolong, plus di pinggir jalan raya yang notabene di lalui banyak kendaraan dan orang2. Kejadian2 kaya ini udah banyak terjadi dengan modus yang macam2. Hal ini ngingetin kita buat selalu waspada and berhati-hati coz Kejahatan tidak hanya terjadi karena adanya niat pelaku, namun juga karena adanya kesempatan. Waspadalah... Waspadalah...!!

Nah, berikut ada beberapa tips yg mungkin bisa ngebantu sobat blogger dalam mengantisipasi kasus curanmor :
  • Jangan lupa setelah mematikan motor untuk menyimpan kuncinya dan pastikan motor sudah dalam keadaan terkunci leher dan lebih baik bila dipasang kunci gembok pada gear rantai atau roda cakram. Banyak kasus yang terjadi disebabkan kelalaian pemilik yang lupa mencabut kunci motornya.
  • Memasang alarm pada motor.
  • Bila menyimpan motor di tempat yang memiliki fasilitas security camera, pastikan motor sobat terpantau oleh kamera.
  • Jangan menyimpan surat2 penting motor semacam BKPB, Kartu Asuransi dan STNK di bagasi motor. Lebih aman apabila BKPB di simpan di rumah.
  • Bila di parkir di tempat ramai usahakan untuk selalu memantau motor secara periodik.
  • Kalo sobat bepergian ma temen, gunakan kunci rantai atau semacamnya untuk mengunci motor sobat dengan motor sobat secara bersamaan.
  • Gunakan cover motor. Motor yang dalam keadaan terbuka akan memudahkan si maling dalam melihat kondisi motor dan menyusun siasat. Sedangakn motor yang tertutup cover membuat si maling harus berpikir dua kali karena kondisi motor nggak diketahui sehingga bakalan butuh waktu ekstra.
  • Jangan malu untuk melakukan hal GILA! Misalkan merantai sepeda motor anda ke tiang lampu dan sebagainya. Ingat semua itu lebih baik daripada sobat menyesal nantinya setelah kehilangan.
Segitu tips yang bisa aku kasih. Mudah2an bisa ngebantu sobat agar lebih waspada. Kalo ada yang punya tips atau cerita yang lain jangan sungkan buat berbagi di kolom komentar yaa ... :)

No comments:

Post a Comment

My Ping in TotalPing.com